Oleh : Sudiarto Pandis, S.Pd
Menulis
Pembelajaran digital atau dengan istilah buku elektronik yang dapat dibaca
lewat online dan dapat di download file buku tersebut. Buku digital adalah buku
yang di sajikan di dunia maya, ada perpustakaan online serta toko buku online
yang di dipromosikan lewat online, semua ini didapatkan dengan cara transaksi
pembelian digital, menyimak dari materi yang telah di pelajari bahwa pelajaran
atau buku digital yang telah dikemas dalam sebua buku ajar memiliki nilai
dengan memperhatikan desain dari buku tersebut.
Mendesain buku
ajar adalah sebuah proses dalam menarik minat pelangan untuk bisa tertarik dari
porduksi yang akan di jajal di dunia maya
kelebihan desain
pembelajaran ini adalah akan mengasilkan buku pembelajaran yang bisa dijamin
kebenaranya selagi prosedur dikerjakan dengan benar. Kelebihan lain juga desain
pembelajaran ini akan dilengkapi dengan instrumen pendukungnya termasuk model pembelajarannya sudah ditentukan
penerbit sudah
mempunyai Format tersendiri versi penerbit, si penulis tinggal mengikuti
outline. Contohny saya mendapatkan amanat dari penerbit erlangga untuk membuat
buku-buku SMK dengan outline sudah ditentukan pihak Erlangga, saya juga menggunakan model Dick
& Carrey juga bisa mengkombinasikan dengan
teori/model lain seperti pada langkah 8 selagi sesuai dengan karakteristik
bahan pembelajarannya
BIODATA NARA
SUMBER
T & Tgl.
Lahir : Bantul, 01 Januari 1971
NIP : 197101011999031012
Pangkat/Gol : Pembina / IV. A
Jabatan : 1.
Kepala SMKN 4 Kota Bengkulu;
2. Ketua MKKS SMK
Kota Bengkulu;
3. Ketua MKKS SMK
Provinsi Bengkulu.
Alamat :Jln.
Timur Indah V No. 39 RT. 19
Kelurahan Sidomulyo Kota
Bengkulu 38229
HP : 082306325497,
081539320222
Alamat Surel : paidi1971@gmail.com
Blog : https://pdsmk1bkl.blogspot.com
Selamat bertemu
di dunia maya utk berbagi ilmu, semoga hal ini juga bisa menjadi catatan amal
kebaikan kita. Aamiin Pada kesempatan
ini sy ingin berbagi pengetahuan dgn bpk/ibu tetang cara mendesain buku
pembelajaran Teknik dan pendekatan yang saya gunakan adalah mengacu pada tokoh
fenomenal bidang desain pembelajaran
yaitu Prof Dr. Atwi Suparman (mantan rektor UT) dan Dick & Carrey Secara
umum dalam mendesain pembelajaran dan sekaligus menghasilkan bahan pembelajaran
secara ilmiah dpt diliat pada bagan berikut ini Pada kesempatan ini sy ingin
berbagi pengetahuan dgn bpk/ibu tetang cara mendesain buku pembelajaran Secara
umum Proses perancangan desain pembelajaran.
software yang
pernah di gunakan untuk e-learning tersebut menggunakan model, murah meriah yang sifatnya open source. Tapi saat ini tidak bisa
masuk lagi link tersebut karena sudah di serahkan ke pihak SMKN 1 Kota
Bengkulu. Jika mas Ridwan ingin melihat lebih jauh isinya nanti di coba
mintakan sama pihak SMKN 1, jika sdah ada hasilnya nanti di sampaikan kepada om Jay.
11 langkah mendesain buku pelajaran
1.
kita perlu mendapatkan data dan informasi guna
mendapatkan masukan dari siswa/pengguna atas materi2 yg dianggap sulit atau
perlu dipelajari lebih lanjut
2.
Berdsarkan data yg di dapat dari langkah 1
selanjutnya kita perlu membuat identifikasi kebutuhan peserta didik terhadap
mata pelajaran / bahan yng akan kita rancang
3.
Berdsarkan data yg di dapat dari langkah 1
selanjutnya kita perlu membuat identifikasi kebutuhan peserta didik terhadap
mata pelajaran / bahan yng akan kita rancang
4.
Seorang perancang perlu mendapatkan gambaran
karakteristik peserta didik yang akan menjkadi target atau pemakai buku yg kita
rancang
5.
Membuat rumusan tujuan instruksional khusus
(penggunaan istilah instruksional disini berdasarkan sumber asli yg di karang
oleh Dick & Carrey yaitu instructional)
6. Melakukan
penyusunan TES
7.
Membuat perencanaan strategi
instruksional/pembelajaran yang akan digunakan (dalam hal ini sy merancang
pembelajaran secara blended learning)
8.
Mengembangkan dan memilih bahan instruksional.
Bahan pembelajaran yang dirancang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu bahan
tercetak dan bahan online. Dalam hal perancangan bahan pembelajaran (Buku)
dapat digunakan teori Rothwel dan untuk bahan online bisa menggunakan teori
hannafin)
9.
setelah draft bahan tersedia (langkah 8)
selanjutnya perlu dilakukan evaluasi formatif sbb: 1. one-to-one expert dengan
melibatkan 4 orang pakar (pakar Desain, pakar Media, pakar Materi, pakar
bahasa); 2. One-to-one learner (melibatkan 3 orang siswa yang berasark dari
siswa peringkat atas, menengah dan bawah); 3. Evaluasi Small group (melibatkan
sekitar 9 siswa yang berasakl dari kelompok, menengah dan bawah); 4. Field
trial yaitu tahap uji coba luas dengan melibatkan siswa sekitar 30 siswa yang berasal dari kelompokl Atas, menengah
dan bawah. Setiap tahapan muai evaluasi one-to-one, evaluasi small group akan
menghasilkan namanya draft bahan pembelajaran dan setelah field trial baru
dinamakan prototipe bahan pembelajaran.
10.
Khusus untuk langkah yang terakhir Evaluasi
Sumatif sifatnya tidak harus dilakukan dalam proses desain pembelajaran karena
harus dilakukan oleh pihak lain.
11.
Sedangkan untuk buku pembelajaran yang dirancang
untuk keperluan penerbit bisanya pihak penerbit sudah mempunyaio format/standar
tertentu. Sehingga jika penulis ingin memasukkan buku agar bisa diterbitkan
oleh penerbit maka format yg digunakan harus mengacu kepada format yang
digunakan oleh penerbit.
Versi penerbit
biasanya ini ada kebutuhan tertentu yang di tetapkan oleh penerbit karena
menyangkut untuk keuntungan penjualan dll,
Pihak penerbit biasanya sudah punyak team editor sendiri, seperti yang
pernah saya lakukan untuk memperbaiki draft buku di Penerbit Salemba IV -
Jakarta, sehingga buku tsb bisa dicetak/diterbitkan oleh Salemba IV
Contoh bahan
pembelajaran yang di rancang dengan format Research dan versi penerbit adalah
seperti berikut
Demikian cara
mendesain bahan pembelajaran yang secara ilmiah dapat dipertanggungjawaban,
insyallah jika tahapan di atas dilakukan secara benar maka tidak akan terjadi
kasus salah gambar dll sebagaimana dahulu pernah terjadi di buku2 yang beredar
di lingkup dikbud khususnya jenjang sekolah dasar
Semoga dengan materi yang telah
diberikan bisa di kembangkan.
SUDIARTO PANDIS, S.Pd
SDN INPRES DODUNG BANGGAAI LAUT SULAWESI
TENGAH
Luar biasa resumEnya. Keren euy!
BalasHapusterimakasihom omjay🙇
BalasHapusBugus
BalasHapusRangkumannya lengkap dan sistematis
BalasHapus