Selasa, 21 April 2020

PEMBELAJAR JARAK JAUH



Oleh Sudiarto Pandis, S.Pd

Belajar daring (oline) yang digagas oleh Bapak Wijaya Kusumah, S.Pd., M.Pd. atau sering dipanggil omjay adalah salah satu guru bloger indonesia beliau adalah seorang pendidik yang kesehariannya di habiskan untuk menulis di blogg, pertemuan saya dengan beliau omjay itu hanya lewat komunikasi Wathaspp dan vidio zoom pada tanggal 21 april 2020 jam 19.00 wita, banyak sekali informasi yang di sampaikan beliau ke para peserta belajar menulis gelombang delapan, terik-terik menulis dalam rangka memberikan motifasi kepada peserta dengan tidak copas (copy paste) ilmu yang begitu dalam disampaikan, adalah bagaiman itu  menulis.
Sebagai motivator dalam menulis yang disampaikan oleh para pemateri lewat belajar menulis gel. 8 membuat setiap perta melakuan pengembangan diri secara mandiri belajar lewat berbagai sumber membuat kita lebih giat dalam melakuan inovasi tentang bagaimana menulis yang baik dan mencari reverensi, sehingga dihapkan setiap peserta akan menjadi sumber berita bukan sekenadar copas yang dihasilkan oleh orang lain.
Sangat menarik serta penuh inspirasi kata omjay dalam menulis lakukan dengan senang dan tulis sesuai apa yang ada di momori kita apa yang dingat tulis saja nanti kemudian baru dilakukan evaluasi atau perbaikan dari apa yang ditulis tersebut.
Menelaah dari setiap apa yang di tulis menghasilkan suatu ide baru dalam melakukan revisi kata-kata, kalimat perkalimat sehingga pada saat dibaca ada pesan yang disampaikan membuat sipembaca menyimak apa yang disampaikan, membetuk paradigma baru bagi pemula dalam berkarya di bidang menulis adalah sesuatu yang dianggap paling susah dan rumit, belum lagi bagaimana mengolah sebuah kalimat yang sangat menarik membuat bagi pemula kesulitan dalam mengejah kalimat tersebut.
Saya sangat besyukur saat ini telah tergabung di kelas belajar menulis gel.8 mendapat pelajaran yang sangat bermanfaat untuk dikembangkan dalam rangkan mengapai apa yang diimpikan untuk sebuah karya dapat terdokumtasi berupa buku cetak hasil karya kita.
Belajar jarak jauh atau daring (online) bagi seorang guru betulan atau yang  kebetulan,  saatnya kita meletakan prinsip yang sama dalam memajukan pendidikan dalam mempersiapkan generasi emas, dilain pihak bahwa fasilitas dan sumberdaya manusia harus terus di kembangkan lewat berbagai iven yang bisa memotivasi siap guru untuk berkaya, cinta terhadap profesi adalah panggilan hati nurani yang tidak perna dipaksakan oleh orang lain namun sebuah perubahan membutuhkan penggerak baik dari dalam maupun dari luar.
Belajar dari rumah dengan menggunakan daring membutuhkan alat komunikasi yang baik sementara sementara peserta didik yang akan menerima informasi dari guru atau orang lain pun demikian namun jika diantara kedua belah pihak tidak ada yang memiliki maka segala apa yang direncanakan tidak berjalan, namun yang terpenting adalah apakah kita sebagai guru suda siap dalam melakukan pembelajarn daring tersebut walaupun diantara pesrta didik kita tidak memiliki. Tetapi itu bagi guru bukan sebuah kendala dalam melaukan tugas dan pangilan nurani tersebut.
Bagi guru kendala apapun tatap dilalui walupun itu sangat sukar baginya belajar dari lingungan sekitar itulah adalah pembelajaran utama yang akan menjadi penggerak dalam melakukan inovasi untuk anak didiknya.
Mengutip kalimat yang sering didengungkan oleh Bapak Surya Paloh RESTORASI, perubahan  bagi seorang guru adalah suda saatnya kita melakukanya baik secara pribadi atau secara bersama-sama dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan, bukan sekedar selogang untuk mendapatka popularitas atau penghargaan tetapi ini adalah sebua perubahan besar dalam menggerakan seluruh steckholder yang ada, meletakan pemikiran bersama bagaiman di daera-daerah terpencil untuk dapat mengakses pembelajaran yang tidak mesti harus kontak langsung namun biar dirumah mereka dapat melakukan pembelajaran.

Sudiarto Pandis, S.Pd
SDN INPRES Dodung-Banggai-Laut Sulawesi Tengah


4 komentar:

  1. Assalamualaikum..wr wb.
    Untuk menemani saat PSBB

    Silahkan Download GRATIS buku-buku islam ada 138 buku dalam format pdf (hibah dari Rumah Fiqih).

    Silahkan di download, semoga bermanfaat

    https://t.co/NUEnSGMq7a

    Note :
    1. Buku pdf ini diformat untuk nyaman dibaca pakai HP, meski tetap bisa dengan laptop, desktop atau tablet.

    2. Buku ini waqaf dari pengarangnya. Doakan agar beliau-beliau selalu mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat. Aamiin.

    3. Silahkan share link ini biar kita pun ikut kebagian pahala menyebarkan ilmu agama.

    Terima kasih. Semoga bermanfaat.🙏🙏

    BalasHapus

Resume

SEKOLAH TAHUN AJAR BARU PADA BULAN JULI 2020

SEKOLAH TAHUN AJAR BARU PADA BULAN JULI 2020 Oleh : Sudiarto Pandis Kebijakan pemerintah tentang tahun ajar baru tetap pada bulan juli 2...